Kamis, 19 April 2012

JKT48

JKT48 adalah IDOL GRUP bukan GIRLBAND.
Official site           : Jkt48.com
Official Twitter     : https://twitter.com/#!/officialJKT48
Official Facebook : http://www.facebook.com/official.JKT48


JKT48 adalah grup idola asal Indonesia yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto. Ini adalah adik grup AKB48 pertama yang berada di luar Jepang, dan berpusat di Jakarta. Grup ini mengadopsi konsep AKB48 yaitu "idola yang dapat anda jumpai setiap hari

Pendirian
Pembentukan JKT48 pertama kali diumumkan pada 11 September 2011 di sebuah acara AKB48 yang diadakan di Makuhari Messe di Chiba. Wawancara untuk peserta berlangsung pada akhir bulan September, dengan audisi final untuk finalis pada 8 Oktober 2011 - 9 Oktober 2011.

 Dari 1.200 orang pelamar yang diwawancara, 51 pelamar lolos seleksi tahap kedua. Audisi tahap akhir berlangsung pada 2 November 2011. Setelah disaring kembali melalui tes menari "Heavy Rotation" dan menyanyikan lagu favorit, 28 orang peserta dinyatakan diterima. Produser Yasushi Akimoto datang ke Jakarta untuk melakukan seleksi. Ketika ditanya mengenai standar seleksi, Akimoto berkata, "Mengenai pemilihan anggota, ciri-ciri khas lokal tidak dijadikan bahan pertimbangan. Kami berpendapat bahwa pesona dari anak perempuan yang dapat kami dirasakan, di negara mana pun memiliki kesamaan. [Kami] memilih dengan lebih mementingkan kepribadian, sambil juga mempertimbangkan, kalau saja ada teman sekelas seperti anak ini, alangkah bagusnya."
Generasi pertama diperkenalkan pada 3 November 2011. Di antara 28 anggota, ada salah satu anggota yang berasal dari Jepang yang bernama Rena Nozawa (13 tahun) yang tinggal di Jakarta.  Produser Yasushi Akimoto mengatakan JKT48 akan menjadi "jembatan persahabatan antara Indonesia dan Jepang".
Penampilan di Indonesia
JKT48 tampil untuk pertama kalinya di televisi pada konser program musik televisi 100% Ampuh, tayangan langsung Global TV dari Bekasi Square, 17 Desember 2011. Lagu yang pertama kali mereka bawakan adalah "Heavy Rotation" dengan lirik bahasa Indonesia. Kostum JKT48 serupa dengan seragam sekolah Jepang yang menjadi ciri khas AKB48. Pada hari berikutnya, 18 Desember 2011, JKT48 untuk pertama kalinya berinteraksi dengan penggemar lewat acara bersalaman Meet & Greet JKT48 di fx Center Jakarta, dan menyanyikan "Heavy Rotation".
Peluncuran video musik "Heavy Rotation" versi JKT48 dilakukan pada acara bersalaman 14 Januari 2012 di Atrium fx Center. Video musik ini bertemakan acara penerimaan siswa baru di sekolah menengah atas. Melody menunggu kedatangan dua orang sahabat yang terlambat tiba di sekolah. Shania terlambat bangun dan Cleopatra terjebak kemacetan. Lagu ini sebelumnya dipakai untuk iklan televisi Pocari Sweat yang dibintangi anggota JKT48.
Setelah peluncuran "Heavy Rotation", JKT48 mulai sering tampil di program musik televisi. Di SCTV, JKT48 tampil di acara Inbox dan iPop. Mereka juga tampil di 100% Ampuh dan Lampion 100% Cinta dari Global TV, serta Dahsyat di RCTI. Di Indosiar, mereka tampil di Hitzteria. Lagu yang mereka bawakan adalah "Heavy Rotation" atau "Aitakatta" versi bahasa Indonesia.
Dimulai oleh Otsuka Indonesia dengan Pocari Sweat, perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia memakai JKT48 sebagai bintang iklan produk dan layanan mereka. Rakuten bekerja sama dengan MNC Media memakai JKT48 untuk iklan Rakuten Belanja Online, Kao memakai mereka untuk iklan Laurier, dan Yamaha untuk iklan sepeda motor Mio J. Sharp Electronics Indonesia memakai JKT48 untuk kegiatan promosi. JKT48 menanyikan dua lagu di acara galeri produk Sharp (Sharp Koten) di Best Denki, Senayan City, 4 Maret 2012.
JKT48 tampil bersama AKB48 dalam konser J-Pop Culture Festival 2012 di Balai Kartini, Jakarta, 25 Februari 2012. Festival ini merupakan hasil kerja sama Kedutaan Besar Jepang di Jakarta dengan Japan Foundation Jakarta, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, dan Komunitas Alumni Jepang di Indonesia, dan Universitas Al Azhar Indonesia.  AKB48 dan JKT48 tampil bersama di satu panggung menyanyikan lagu "Aitakatta" dan "Heavy Rotation" dalam bahasa Jepang. Konser mereka dihadiri sekitar 3.000 penonton,  termasuk sebagian besar wota yang menyerukan mix dalam bahasa Jepang.
Mulai 3 Maret 2012, anggota JKT48 memiliki akun di jaringan sosial AKB48 Now on Google+. Anggota keluarga besar AKB48 sudah memiliki akun Google+ sejak 8 Desember 2011. Rekaman konser bersama JKT48 dan AKB48 di Japan Pop Culture Festival 2012 ditayangkan di YouTube dan Google+ untuk memperingati pembukaan akun JKT48 di Google+




Tidak ada komentar:

Posting Komentar